Header Ads

Header ADS

2 Surat Istimewa dalam Al Qur'an

NUR AULIA  Dalam sebuah kesempatan majelis ilmu, Buya Yahya menjelaskan 2 surah istimewa dalam Al-Quran.

Jika seseorang memanjatkan doa lalu membaca surah tersebut maka Allah akan mengabulkan doa-doanya.

“Tidak engkau membaca satu huruf kemudian memohon kepada Allah kecuali menjadi sebab dikabul doamu,” tutur Buya Yahya.

Pemilik pondok pesantren Al-Bahjah tersebut juga mengatakan bahwa Rasulullah SAW menyebut dua surah ini adalah surah yang paling agung dalam Al-Quran.

Satu di antara dua surah ini selalu dibaca setiap hari dalam sholat, “Dia adalah surah Al-Quran yang terdiri dari tujuh ayat yang diulang-ulang.” kata Buya Yahya.

Bahkan dalam segala keadaan dan berbagai acara, surah ini selalu dibaca. Entah dibaca di awal atau di akhir sebagai doa penutup.

Bahkan menurut Buya Yahya, beberapa ulama selalu menyertakan 2 surah ini ketika memanjatkan doa-doa bersama, tujuannya tidak lain agar Allah SWT berkenan mengabulkannya.

Dilansir dari video di kanal YouTube Al-Bahjah TV yang diunggah pada 21 Juli 2018, inilah penjelasan lengkap dari Buya Yahya terkait 2 surah istimewa dalam Al-Quran.

“Termasuk dia adalah kemudian di dalam AL-Quran yang agung, Al-Quran itu agung, tapi di antara yang agung ini ada ayat yang paling agung. Namanya apa, surah Al-Fatihah.” tutur Buya Yahya.

Buya Yahya juga menyebutkan, keistimewaan 2 surah ini adalah dulu ketika malaikat turun dari langit dan berkata kepada Nabi Muhammad SAW:

“Bergembiralah wahai Muhammad dengan dua nur, dua cahaya. Yang dua cahaya ini hanya diberikan kepadamu, yang tidak pernah diberikan kepada nabi sebelumnya.”

Kemudian Nabi SAW bertanya: “Apa dua cahaya itu?”. Kemudian malaikat menjawab: “Surah Al-Fatihah dan akhir Surah Al-Baqarah.”

Surah yang dimaksud Buya Yahya terdiri dari 7 ayat dan dibaca berulang-ulang dalam sholat tersebut adalah Surah Al-Fatihah. Dan surah istimewa yang satunya adalah 2 ayat terakhir pada surah Al-Baqarah.

“Kamu tidak membaca satu huruf saja, apalagi lengkap Fatihah. Satu huruf kecuali menjadi sebab akan dikabul doamu, ini adalah keutamaan Fatihah.” jelas Buya Yahya.

“Yang membaca surah Al-Fatihah doanya akan dikabul oleh Allah SWT,” ujarnya.

Karena hal tersebut maka para ulama biasanya saat sedang berdoa, selalu mengikutsertakan dua surah ini. Apalagi surah Al-Fatihah, mengawali atau mengakhiri sesuatu selalu membaca surah istimewa ini.

“Maka ulama kita itu kalau setelah berdoa selalu ditutup dengan pungkasan Al-Fatihah untuk mengambil ini, agar dikabul doanya. Karena satu huruf saja menjadikan sebab kita dikasih apalagi satu Fatihah utuh,” tutup Buya Yahya.

sumber: jember

Diberdayakan oleh Blogger.