Header Ads

Header ADS

DO'A SAAT HUJAN DERAS AGAR TIDAK TERJADI BENCANA

NurAuliaHujan merupakan salah satu bentuk anugerah yang diberikan Allah SWT kepada setiap makhluk hidup yang berada di muka bumi terlebih bagi para manusia. Sebagai ucapan rasa syukur dan agar terhindar dari bencana, maka umat muslim perlu memanjatkan doa saat hujan deras.

Tumbuhan menjadi subur, hewan dapat cukup minum air dan juga bermanfaat bagi kehidupan manusia karena ada hujan. Namun hujan kadang kala turun sangat deras disertai dengan angin, petir dan membuat banjir. Untuk itu, doa saat hujan deras perlu diucapkan.

Kita sebagai umat Islam harus senantiasa meminta pertolongan kepada Allah SWT agar terhindari dari bahaya yang bisa saja menimpa kita dengan berdoa. Anjuran untuk doa ketika turun hujan lebat sebagaimana telah tercantum dalam hadist Rasulullah SAW.

Berikut ini adalah kumpulan doa-doa saat hujan deras untuk memohon agar tidak terjadi bencana dan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari”

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan. (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim NNo. 897)

Doa Saat Hujan Deras disertai Angin Kencang

“Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih”

Artinya: Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya. (HR. Muslim)

Doa Saat Mendengar Petir

“Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya: Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan para malaikat karena takut kepada-Nya.

Doa Setelah Turun Hujan

"Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi."

Artinya: Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari)

Itulah bacaan doa saat hujan deras untuk memohon agar tidak terjadi bencana yang dapat kita panjatkan.

Sumber berita :

suara.com

Diberdayakan oleh Blogger.